Breaking News

Mencegah Kenaikan Gula Darah Begini Cara Terbaiknya


Kenaikan gula darah adalahsuatu situasi yang mengakibatkan kadar gula darah meningkat terlampau tinggi (hiperglikemia). Kondisi ini diakibatkan ketika glukosa (gula) menumpuk di dalam aliran darah. Glukosa itu memang adalahbahan penghasil energi utama tubuh. Sayangnya, sebelum diserap ke dalam sel, glukosa tidak bisa digunakan.

Setelah seluruh bahan makanan merasakan proses pemecahan, maka akan ditabung dalam aliran darah dalam format glukosa. Proses pemakaian glukosa memerlukan kerja hormon insulin supaya dapat didistribusikan gula dalam darah ke otot, organ tubuh, dan otak. Tanpa adanya insulin tersebut, glukosa tidak dapat dipakai dan bakal tetap sedang di dalam darah sampai-sampai akhirnya merangsang penumpukan.

Gula darah bertambah tajam seringkali dialami oleh seseorang yang merasakan diabetes sebab mereka tidak dapat memakai insulin dengan efektif. Jika dibiarkan, hiperglikemia bisa menyebabkan sejumlah gejala dan situasi serius laksana ketoasidosis.

Tips menanggulangi dan menangkal naiknya gula darah

Kenaikan gula darah adalahhal yang sering dirasakan oleh seseorang dengan diabetes. Namun, urusan ini diprovokasi oleh tidak sedikit hal. Berikut sejumlah cara yang dapat dilaksanakan untuk mengontrol kadar gula darah Anda:

Gunakan obat yang cocok – urusan ini dapat dilaksanakan dengan mengekor anjuran pemakaian obat sesuai takaran beserta anjuran evolusi pola santap dan kegiatan dari penyedia pelayanan kesehatan. Perhatikan kualitas, jenis dan takaran obat yang dipakai jika tetap mengalami fenomena dan penambahan kadar gula darah di atas normal segera konsultasikan ke dokter guna penyesuaian ulang.
Perhatikan pemakaian obat lainnya – sejumlah jenis obat mempunyai efek samping yang dapat menambah kadar gula darah, laksana obat diuretik, obat antidepressant dan obat pengendali desakan darah tinggi lainnya. Jika kita mengalami fenomena kenaikan gula darah segera konsultasikan guna menyesuaikan pemakaian obat-obatan tersebut.

Sedangkan guna mencegah eskalasi gula darah, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan:

1. Biasakan pola santap yang sehat

Mengonsumsi makanan dalam masa-masa yang tepat sangat urgen untuk menangkal gula darah bertambah pesat. Di samping itu, santap dengan jam yang teratur pun dapat menangkal Anda terlalu tidak sedikit makan dan mengakibatkan gula darah terlampau tinggi sesudah makan.

2. Jangan malas gerak

Tidak aktif bergerak dalam masa-masa yang lama dan terlalu tidak jarang dapat mengakibatkan kadar gula darah bertambah secara perlahan. Khususnya pada penderita diabetes, aktif beraktivitas dengan intensitas yang sedang laksana rutin berolahraga enteng adalahhal urgen untuk menata kadar gula darah supaya tetap stabil.

3. Ubah opsi makan

Hindari makanan yang cepat menciptakan gula darah meningkat laksana minuman kemasan yang tinggi gula, kue, atau camilan manis. Sementara itu, sejumlah jenis makanan memiliki guna khusus dalam mencegah eskalasi kadar gula darah:

Kacang-kacangan. Lemak dalam kacang merukan lemak sehat yang dapat menolong menyeimbangkan kadar gula darah.

Gandum utuh adalahsumber karbohidrat yang bisa diserap dalam masa-masa yang lebih lama sampai-sampai mencegah eskalasi kadar gula darah dalam masa-masa yang singkat.

Sayuran. Di samping berisi serat, sejumlah jenis sayuran laksana timun, wortel, dan brokoli bisa mencegah eskalasi kadar gula darah serta mempunyai kandungan zat gizi penting.

4. Kendalikan stres

Relaksasi adalahhal penting sebab merasa tertekan adalahsalah satu penyebab hormon insulin tidak bisa bekerja dengan optimal. Kondisi stres berat pun dapat memengaruhi kelaziman makan, berolahraga, atau pola konsumsi obat-obatan.

5. Memperbaiki pola tidur

Kurang istirahat adalahsalah satu penyebab kadar gula darah meningkat terlampau tinggi, terutama pada penderita diabetes. Buatlah kelaziman tidur yang baik dengan 6-7 jam istirahat malam hari.

6. Berhenti merokok

Salah satu efek merokok ialah tubuh kendala untuk menata kadar gula darah supaya tetap stabil. Di samping itu, untuk penderita diabetes yang masih merokok, menilai takaran pemakaian insulin yang tepat bakal menjadi lebih sulit sampai-sampai menyulitkan pengendalian kadar gula darah.

7. Rutin periksa gula darah

Biasakan untuk mengawasi kadar gula darah kita dengan tes di lokasi tinggal atau di dokter. Bila kita paham pola naik dan turunnya gula darah Anda, kita pun bakal lebih gampang untuk mengawal supaya gula darah tidak melonjak.

Tidak ada komentar