Breaking News

Tips Merawat Kopling Mobil

Kopling pada kendaraan beroda empat terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Beberapa komponen tersebut diantaranya pelat kopling atau clutch disc, kampas kopling, matahari cover clutch) yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (mekanik/hidrolik). Prinsip kerjanya dikala pedal ditekan maka putaran mesin tidak diteruskan ke trasmisi lantaran kampas kopling dan fly wheel tidak saling bersinggungan. Saat pedal dilepas maka putaran mesin akan diteruskan ke transmisi.
 Kopling pada kendaraan beroda empat terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan satu sama lain Tips merawat Kopling mobil

Agar kopling tetap abadi maka diharapkan perawatan secara rutin dan habit mengendara yang benar. Seringkali para pengendara melaksanakan kebiasaan yang tidak benar sehingga mempercepat kerusakan pada kopling. Contohnya meletakan kaki diatas pedal kopling dikala kendaraan berjalan, tentu hal ini akan memercepat kampas kopling, atau menginjak pedal kopling secara garang yang akan menjadikan keausan pada sistem kopling. Untuk itu perhatikan cara merawat kopling mobil berikut ini semoga tetap abadi dan kopling selalu bekerja secara optimal.

Tips merawat Kopling Mobil Agar Awet

  1. Melakukan pengecekan pada sistem kopling secara rutin.
  2. Saat kendaraan akan berjalan gunakan gigi 1 semoga kopling tidak terbebani oleh beban yang berlebihan.
  3. Saat berhenti contohnya dilampu merah, usahakan transmisi dalam keadaan netral.
  4. Jika anda menginjak kopling maka injaklah hingga full. Hal ini bertujuan semoga hubungan kampas kopling dan fly wheel dapat terpisah secara sempurna.
Masalah yang sering terjadi pada sistem kopling ialah kopling selip yang disebabkan ausnya kampas kopling. Jika sudah demikian maka mesin jadi kurang bertenaga dan juga menimbulkan konsumsi materi bakar menjadi boros. Masalah lain yang timbul biasanya kopling macet yang dapat disebabkan kabel kopling putus (mekanik) atau oli bocor (hidrolik) dan pedal kopling keras. Nah dengan melaksanakan hal-hal diatas setidaknya masalah-masalah yang timbul dapat diketahui semenjak dini dan juga menciptakan kopling pada kendaraan beroda empat anda tetap awet. 

Tidak ada komentar