Breaking News

Penyebab Indikator Bensin Kendaraan Beroda Empat Ngaco Atau Tidak Berfungsi

Banyak para pengendara kendaraan beroda empat yang kesal akhir Indikator bensin Mobil yang ngaco alias tidak berfungsi. Bagaimana tidak disaat kita merasa tenang-tenang saja sebab jarum indikatornya masih menandakan pada aksara F, eh tiba-tiba kendaraan beroda empat macet. Bukan sebab mesinya akan tetapi sebab kehabisan bensin. Atau dapat kejadianya malah sebaliknya, disaat kita mau mengisi materi bakar di SPBU sebab indicator bensinya sudah menunjuk ke aksara E, ternyata bensin yang ada di tangki materi bakar masih penuh.
 Banyak para pengendara kendaraan beroda empat yang kesal akhir Indikator bensin Mobil yang ngaco alias ti Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi
Indikator Bensin Mobil
Indikator Bensin kendaraan beroda empat yang ngaco tidak hanya terjadi pada jenis analog saja, pada jenis digital pun sering terjadi. Lalu apa yang menyebabkan indicator bensin kendaraan beroda empat tersebut ngaco? Nah disini saya akan sedikit menunjukkan penjelasanya. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang dapat menciptakan indicator bensin pada kendaraan beroda empat ngaco, diantaranya yakni sebagai berikut:
  1. Pelampung
    Pelampung yang ada didalam tangki mempunyai kumparan. Jika usia kendaraan beroda empat sudah diatas 5 tahun, kumparan tersebut biasanya sudah mulai melemah. Karena kumparan tersebut dipakai untuk mengirim sinyal indicator yang ada di dashboard maka dampaknya tentu menciptakan sinyal yang dikirimkan tidak akurat.
  2. Kumparan pada indicator
    Selain di pelampung, di indikatornya sendiri juga mempunyai sebuah kumparan. Jika kondisinya sudah lemah tentu jarum yang bergerak tidak akurat atau tidak sesuai dengan sinyal dari pelampung. Bahkan sering juga ditemui kumparan ini putus, alhasil jarum sama sekali tidak bergerak.
  3. Parkir dalam kondisi menanjak
    Jika kondisi pelampung didalam tangki masih normal, ini tentu tidak menjadi masalah. Namun bila kondisinya sudah agak uzur, maka ketika parkir dalam kondisi menanjak kerap pelampung tidak kembali ke posisi semula. Akibatnya jarum indicator kalau tidak berada di aksara F ya berada di aksara E atau tidak bergerak. Pada jenis digital juga sering terjadi demikian namun kasusnya berbeda. Kalau jenis digital hal tersebut sudah biasa dan tentunya bukan dilema pelampungnya. Sistem digital kurang responsive, adi ketika kendaraan beroda empat sudah berjalan beberapa meter maka jarum indicator akan kembali ibarat semula.
Nah demikian tadilah beberapa penyebab indicator bensi kendaraan beroda empat sering ngaco atau tidak berfungsi. Makara sebaiknya anda jangan memarkirkan kendaraan anda di daerah yang menanjak biar jarum indicator bensin tetap akurat.

Tidak ada komentar