Breaking News

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator-Bagi pemilik kendaraan khususnya kendaraan beroda empat tentu sudah tidak abnormal lagi dengan komponen yang satu ini. Radiator komponen sistem pendingin yang berbentuk kotak dan bersirip-sirip ini berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin mesin dengan melepas panas keudara memakai derma kipas. Sirip-sirip yang ada pada radiator berfungsi untuk memperluas permukaan sehingga akan mempercepat proses pelepasan panas ke udara. Seiiring berjalanya waktu dan intensitas pemakaian yang tinggi maka perlu dilakukanya perawatan semoga kerja dari radiator tetap optimal.
 khususnya kendaraan beroda empat tentu sudah tidak abnormal lagi dengan komponen yang satu ini Cara Merawat Radiator Mobil
Merawat Radiator Mobil

Sayangnya Cara Merawat Radiator sering kali hanya dilakukan pengecekan kebocoran dan volume cairan pendingin. Padahal sebab lamanya pemakaian didalam sistem pendinginan dapat saja timbul karat atau kotoran yang mengendap. Jika hal ini terjadi maka sedikit banyak akan besar lengan berkuasa pada proses pendinginan itu sendiri. Proses pendinginan yang tidak optimal akan berimbas pada kerja mesin, salah satunya mesin dapat overheating. Dampak terburuk dari tanda-tanda overheating ini kepala silinder dapat mengalami kebengkokan, risikonya kompresi bocor dan tenaga drop. Jika sudah terjadi demikian maka anda hanya mempunyai dua pilihan yakni mengganti dengan kepala silinder gres atau membawanya ke tukang bubut. Untuk itu dari pada mengalami hal yang demikian, tadi maka lebih baik mencegahnya bukan. Perawatan pada radiator idealnya setiap 20 ribu kilometer dilakukan pembilasan atau flushing.
Perawatan radiator dengan melaksanakan pembilasan bertujuan untuk menghilangkan karat atau kerak yang ada didalam sistem pendinginan. Andapun dapat melakukanya dirumah sebab prosesnya cukup mudah. Sebelum melaksanakan pembilasan radiator persiapkan terlebih dahulu alat dan bahanya yakni obeng dan radiator flusher. Untuk langkah melaksanakan pembilasan radiator ialah sebagai berikut:
  1. Hidupkan mesin antara 2-3 menit semoga kotoran yang mengerak dapat sedikit terangkat. Bila mesin menyala terlalu usang maka suhu air dan tekanan didalam sistem akan meningkat, sehingga cukup membahayakan.
  2. Bukalah tutup radiator. Untuk menjaga keselamatan kerja maka gunakanlah handuk lembap untuk melepas tutup radiator tersebut.
  3. Bukalah sumbat yang ada di cuilan bawah radiator dengan derma obeng untuk menguras cairan pendingin.
  4. Setelah cairan pendingin terkuras semua tutup kembali sumbat dan tuangkan radiator flusher.
  5. Pasang tutup radiator dan nyalakan mesin antara 2-3 menit.
  6. Lakukan proses 2-5 namun kali dengan memakai air, tujuanya ialah untuk membilas radiator flusher beserta kotoran yang ada.
  7. Yang terakhir kuras air didalam sistem dan tuangkan water coolant yang baru.

Cara merawat radiator dengan melaksanakan flushing atau pembilasan diatas diperlukan kotoran baik yang ada di radiator maupun di komponen lainya dapat hilang sehingga akan memperlancar proses pendinginan.

Tidak ada komentar