Breaking News

Bumbu Ayam Goreng : Tips Membuat Ayam Goreng yang Enak


Bumbu ayam goreng yang mantap ternyata belum bisa menjamin rasa ayam goreng yang dihasilkan akan enak. Masalah ini seringkali dialami oleh para ibu rumah tangga. Sudah membuat bumbu yang lengkap namun setelah selesai masak, ayam goreng yang disajikan tidak sesuai harapan baik dari segi rasa maupun teksturnya. 

Ayam goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sangat umum di Indonesia. Hampir semua orang sepertinya akrab dengan makanan yang satu ini. Terutama anak-anak, biasanya anak-anak akan sangat bersemangat makan kalau lauknya adalah ayam goreng. Oleh karena itu, para ibu harus bisa menemukan cara yang tepat untuk membuat ayam goreng yang nikmat.

Mungkin terlihat sederhana, namun pada kenyataannya membuat ayam goreng tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak hanya sekedar digoreng, ada cara-cara khusus yang perlu dilakukan agar rasa ayam goreng yang dihasilkan semakin nikmat. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat membuat ayam goreng yang super enak.

Tips Masak Ayam Goreng


Inilah dia beberapa tips masak ayam goreng enak yang bisa anda coba sendiri di rumah :

1. Buat Bumbu Sendiri

Agar rasanya lebih mantap, lebih baik anda membuat bumbu sendiri. Daripada menggunakan bumbu instan dalam kemasan, bumbu yang dibuat sendiri akan menghasilkan rasa yang jauh lebih kuat. Selain itu, bumbu yang dibuat sendiri juga lebih sehat apalagi jika ayam goreng akan dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Memotong Ayam

Untuk menghasilkan ayam goreng yang enak, lebih baik daging ayam dipotong kecil-kecil. Hal ini dilakukan agar bumbu ayam goreng yang digunakan nanti bisa meresap sempurna ke dalam daging ayam. Selain untuk memudahkan bumbu meresap, pemotongan ayam menjadi bagian kecil-kecil juga akan membuat anda lebih mudah untuk memakannya.

3. Mengerat Daging Ayam

Selain dipotong kecil-kecil anda juga bisa membantu peresapan bumbu dengan cara mengerat daging ayam. Gunakan pisau kemudian buatlah beberapa garis di permukaan daging, khususnya untuk daging yang tebal. Dengan begitu maka bumbu akan lebih mudah masuk ke bagian daging ayam.

4. Marinasi

Jangan hanya mengoleskan bumbu ke daging ayam. Biarkan daging ayam direndam di dalam racikan bumbu yang sudah anda buat. Proses ini biasa disebut dengan marinasi. Perendaman ini akan membuat bumbu lebih meresap hingga ke bagian daging yang tebal sekalipun. Jadi, ketika dimakan nanti, bumbunya tidak hanya akan terasa di bagian permukaan saja.

5. Ungkep Dahulu

Sebelum digoreng pastikan anda mengungkep daging ayam terlebih dahulu. Salah satu alasan kenapa harus diungkep adalah agar bumbu yang digunakan bisa lebih meresap. Selain itu, proses pengungkepan juga dilakukan dengan tujuan agar daging ayam benar-benar matang sebelum digoreng. 

6. Goreng dengan Minyak Bersih

Untuk mendapatkan ayam goreng yang enak dan tampilannya menawan anda bisa menggunakan minyak yang bersih. Seringkali ibu rumah tangga menggunakan minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng makanan lain sebelumnya. 

Kalau memang belum terlalu kotor, tidak apa-apa digunakan lagi asalkan tidak banyak berpengaruh pada rasa dan penampilan si ayam goreng.

Itulah tadi 5 tips menggoreng ayam yang bisa anda coba di rumah. Sebelum melakukan tips-tips ini jangan lupa untuk memastikan anda mencuci daging ayam sampai benar-benar bersih. Selain menggunakan bumbu ayam goreng yang enak, proses memasak juga harus tepat agar daging ayam benar-benar matang dan aman untuk dikonsumsi. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar