Breaking News

Seberapa Cepat Berat Badan Akan Naik Lagi Setelah Sukses Diet?

Menjalani diet memang penting untuk orang-orang yang hendak mempunyai hidup sehat dengan berat badan yang ideal. Namun, diet itu tidak dapat Anda jalani setengah-setengah. Ketika Anda telah mendapatkan berat badan yang kita inginkan, urgen untuk mengawal berat badan tersebut supaya tetap ideal. Bila kita lengah dan pulang dengan pola santap yang buruk, tak heran andai berat badan naik lagi, bahkan naiknya dapat lebih tidak sedikit daripada sebelum mulai diet.

Seberapa cepat berat badan naik lagi setelah sukses diet?

Menurunkan berat badan tersebut sulit, namun lebih susah lagi untuk menjaga berat badan yang ideal. Pada awalnya, niat dan motivasi Anda untuk mengerjakan diet lumayan tinggi. Namun, tidak sedikit yang lengah saat mereka sudah menjangkau berat badan yang ditargetkan.

Anda barangkali akan mendapati perut kita menjadi lebih kempis, tubuh lebih segar, dan pasti angka timbangan kita jadi lebih ideal. Bukan melulu Anda, tetapi pun orang-orang di sekeliling Anda pun menyadari dengan evolusi tubuh sekitar menjalani diet dan mulai menyerahkan Anda pujian.

Namun, Kathryn Ross, pakar kesehatan masyarakat dari University of Florida menjelaskan untuk WebMD bahwa berat badan yang turun sekitar diet dapat naik lagi dengan demikian cepat karena sekian banyak  faktor. Itulah sebabnya mengerjakan diet tidak saja belajar guna menurunkan berat badan saja, tapi pun untuk menjaga berat badan. Orang yang sudah sukses diet mesti mengganti konsentrasi dari teknik menurunkan berat badan menjadi teknik mempertahankan berat badan ideal.

Sebuah studi terhadap 70 orang dewasa dengan obesitas menuntaskan program diet sekitar 12 minggu. Para peserta rata-rata dapat menurunkan berat badannya selama 0,5 kg dalam seminggu. Namun, sesudah masa diet berakhir, berat badan mereka pulang naik selama 0,06 kg masing-masing minggu dalam 11 minggu kesatu. Sekitar 32 minggu sejak mula penelitian, berat badan naik lagi, meskipun tidak secepat minggu-minggu awal.

Seberapa cepat berat badan bakal naik sesudah diet tergantung dari evolusi pola santap dan kelaziman Anda sendiri. Proses metabolisme dalam tubuh pun turut memengaruhi eskalasi berat badan sesudah diet. Saat kita menjalani diet dengan meminimalisir porsi makan, tubuh justeru akan mendorong kita untuk santap lebih tidak sedikit nantinya. Oleh sebab itu, Samantha Heller, seorang berpengalaman gizi dari NYU Langone Health di New York berasumsi bahwa menjalani diet lebih baik secara perlahan. Ini menolong penyesuaian metabolisme dalam tubuh dengan keperluan kalori yang dikonsumsi.

Kenapa berat badan naik lagi sebenarnya sudah diet?

Mendengar pujian dari orang sekitar tentang keberhasilan diet yang kita dapatkan mungkin dapat membuat kita lengah dalam menjalani diet. Pola hidup sekitar diet juga mulai ditinggalkan dan kelaziman lama yang tidak sehat pulang dilakukan. Ya, kesalahan-kesalahan itu akan menciptakan berat badan naik lagi meskipun sebelumnya sudah sukses diet. Kesalahan apa saja tepatnya yang butuh Anda hindari? Simak di bawah ini.

1. Kurang aktif bergerak

Memiliki berat badan ideal bukan berarti kita tidak butuh lagi melakukan kegiatan fisik. Anda barangkali secara perlahan meminimalisir intensitas atau masa-masa olahraga yang seringkali Anda terapkan.

Bila diteruskan, sifat malas Anda guna berolahraga bakal menjadi semakin besar.

2. Tidak sarapan

Setelah bangun tidur, tubuh membutuhkan air dan makanan guna menormalkan metabolisme dan mengawal kesimbangan gula darah.

Kalau kita melewatkan sarapan, rasa lapar bakal jadi dua kali lebih banyak dan akhirnya menciptakan Anda santap lebih tidak sedikit dari porsi seharusnya. Jika Anda mengerjakan ini masing-masing hari, pasti pola santap Anda jadi berantakan lagi sampai-sampai berat badan bertambah.

3. Tidak memantau kelaziman yang merusak diet

Tidak konsentrasi saat santap membuat porsi santap Anda tidak terkendali. Makan sambil menyaksikan televisi atau main HP, misalnya, dapat membuat Anda melalaikan sinyal kenyang yang diserahkan oleh perut sampai-sampai Anda tetap lanjut santap meskipun tubuh telah mendapatkan asupan gizi dan kalori yang cukup.

4. Pola santap berantakan lagi

Menjalani diet memang dapat membuat kita menghindari sejumlah makanan yang tidak sehat. Namun, sesudah Anda menemukan berat badan yang diinginkan, Anda barangkali kembali lagi pada pola santap yang dulu. Misalnya santap tidak teratur, terlalu tidak sedikit mengonsumsi kalori, tidak jeli saat memilih asupan gizi, dan sebagainya. Maka tak heran bila akhirnya berat badan naik lagi.

Tidak ada komentar