Breaking News

Pedal Kopling Kendaraan Beroda Empat Keras Atau Berat? Ketahui Penyebabnya

Kopling merupakan komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Bagi pengguna matic, mungkin tidak terlalu dipusingkan ketika sedang dalam berada dalam kemacetan. Tapi bagi pengguna transmisi otomatis mungkin akan cukup menjengkelkan ketika sedang berada di kemacetan apalagi ditambah pedal kopling yang keras. Pada pecahan lutut dan pergelangan kaki mungkin akan terasa pegal ketika peda koling terasa keras atau berat. 



Kondisi pedal kopling yang keras ini bahwasanya dipengarui oleh beberapa hal, namun sebagian besar dikarenakan kurangnya perawatan serta sikap dalam mengemudi. Cara mengemudi yang baik bahwasanya jangan meletakan kaki diatas pedal kopling sebab akan mempercepat keausan pada pelat kopling. Keausan pada pelat kopling sanggup mengakibatkan pedal kopling terasa keras ketika di injak. Selain itu ada beberapa hal lainya yang mengakibatkan pedal kopling keras diantaranya:

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras:

1. Free Play terlalu kecil

Setelan kopling yang baik yaitu ketika pedal kopling ditekan full, gigi transmisi sanggup dipindah dengan halus. Saat pedal kopling diangkat sebelum 50 % maka kendaraan beroda empat sudah sanggup bergeral. Jika free play atau gerak bebas terlalu kecil maka jarak tekan menjadi besar sehingga pengemudi cenderung mencicipi berat atau keras ketika pedal kopling diinjak.

2. Pegas Kopling sudah uzur

Baik pegas koil maupun pegas diafragma yang ada di kopling jika, kondisinya sudah buruk maka tentu akan menjadikan pedal kopling menjadi keras. Solusinya ya harus ganti yang baru, untuk pegas diafragma atau yang juga disebut matahari kopling harganya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

3. Release Bearing Kotor

Jika terdapat kotoran pada release bearing maka akan mengganggu pergerakanya. Solusinya sanggup dengan menyemprotkan cairan anti karat secukupnya. Dengan begitu pergerakan release bearing akan lancar sehingga peda kopling akan ringan kembali.

Demikianlah yang sanggup saya sampaikan mengenai penyebab pedal kopling pada perawatan kopling mobil.

Tidak ada komentar