Breaking News

Motivasi Sukses Sebagai Pekerja

Motivasi Sukses Pekerja - Apapun alasannya, yang niscaya bekerja tanpa motivasi hanya menyiksa diri, ibarat seorang pekerja yang pergi ke kantor, tapi merasa terpaksa, sehingga tak fokus dan selalu jenuh. Apa yang harus dilakukan dalam kondisi ibarat begitu?


Bila kita ada di posisi sebagai pekerja yang merasa jenuh, yakinlah Anda tidak sendiri. Kehilangan motivasi diri yang berakibat matinya semangat kerja sangat menyiksa, bahkan ada yang hingga bereaksi parah. Yang terlintas di pikirannya ialah mengundurkan diri. Anda jangan ibarat itu. Bila motivasi diri hilang, jangan cepat beraksi. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian lakukan tips berikut supaya Anda kembali berenergi dan termotivasi dalam bekerja sehingga menemukan kunci sukses :

  1. Kompromikan dengan atasan. Kita tahu atasan tak selalu gampang diajak bersepakat untuk memahami diri kita. Terlebih ketika seluruh anggota tim full force mengejar target. Ingat, kiprah seorang pimpinan memastikan seluruh daya untuk mencapai goal. Jadi, lupakan minta kelonggaran atau pengertian dari pimpinan. Lihat realita, patuhi agenda kerja dan berusaha fokus. Yakinlah, atasan ialah daerah kita berguru menjadi individu yang tahan banting. 
  2. Cobalah bertahan. Sisihkan waktu dan perjuangan untuk mengenali aksara dan pandangan atasan dan rekan kerja. Dengan mengenali aksara anggota tim kerja, batin akan kaya dan motivasi kerja pun muncul kembali. 
  3. Proaktif. Sebelum diminta pimpinan untuk menyiapkan laporan kerja, kenapa Anda tidak lebih dulu berinisiatif menyerahkannya? Dengan perilaku proaktif, point Anda akan naik. Perusahaan melihat Anda SDM yang potensial dan layak dipromosi. 
  4. SUsun target. Kehilangan motivasi boleh jadi alasannya ialah Anda tidak memiliki sesuatu tujuan yang ingin dicapai (target). Untuk itu biasakan menyusun tujuan yang riil, simple dan kongkrit sebagai dasar dalam melangkah setiap hari. Konsentrasi niscaya menjadi terarah dan motivasi pun akan terdongkrak. 
  5. Perluas jaringan hubungan di luar lingkungan kerja. Bertemu orang yang itu-itu saja dapat membosankan, kemudian timbul kejenuhan dan mengikis motivasi, untuk itu perluas jaringan dengan membangun network dengan klien, supervisor atau komunitas hobi. Pasti hari-hari Anda jadi berwarna. 
  6. Lakukan yang terbaik secara konsisten. Karier yang cemerlang tidak dibangun dalam semalam. Pada posisi Anda ketika ini mungkin belum apa-apa. Jangan merasa kecil atau rendah. Ingat, hari ini merupakan pijakan ke depan, jadi teruslah berprestasi!. 
  7. Terus belajar. Setiap kiprah dari pimpinan merupakan kepercayaan dan penghargaan. Jadi, jangan gubris kerikil-kerikil yang ada ketika mengerjakannya. Percayalah, itu kesempatan untuk menempa diri menjadi SDM profesional dan potensial. Nah, pelajari segala sesuatunya dengan detail dan raih kesuksesan dalam bekerja. 

Demikian tips sederhana untuk membangun motivasi diri supaya sukses sebagai pekerja di perusahaan atau instansi daerah bekerja Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga bagaimana cara menyamarkan ukiran pada cat mobil Anda.

Tidak ada komentar