Breaking News

Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Matic Bagi Pemula

Cara mengemudi Mobil Matic -Mobil dengan transmisi otomatis atau yang dikenal dengan kendaraan beroda empat matic memang banyak diminati. Pasalnya dalam mengendari kendaraan beroda empat matic ini tidak ribet alasannya yakni hanya memainkan pedal gas dan rem. Selain itu kendaraan beroda empat matic sanggup menciptakan lebih sabar bagi para pengendaranya dalam menghadapi tekanan psikologis akhir kemacetan yang terjadi. Kendati demikian ternyata masih banyak orang yang masih belum paham dalam mengendarai kendaraan beroda empat matic. 
Mobil dengan transmisi otomatis atau yang dikenal dengan kendaraan beroda empat matic memang banyak diminat Cara mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

Cara mengemudi Mobil Matic yang benar harus dipahami betul oleh setiap pemiliknya biar didapatkan kinerja dan kenyamanan yang optimal. Untuk itu pahamilah fungsi dari moda pengoperasian pada kendaraan beroda empat matic yakni P, R, N , D, D-3, D-2, dan L. Berikut yakni fungsi ketujuh moda pengoperasian pada kendaraan beroda empat matic:

  1. P (parkir)
    Pada dikala tuas transmisi berada pada posisi P, maka mesin kendaraan beroda empat sanggup hidup namun kendaraan beroda empat tidak akan berjalan meski pedal gas ditekan. Hal ini dikarenakan tekanan oli di transmisi akan di alirkan kembali ke kolam penampungan, sehingga aktivis transmisi belum bekerja. Bayangkan saja jikalau tidak ada moda parkir, ketika berada di daerah parkir yang dipenuhi kendaraan tanpa sengaja anda menginjak pedal gas tentunya akan sangat beresiko. Kaprikornus ketika anda sedang berada diparkiran pastikan tuas transimi berada pada posisi P.
  2. R (reserve)
    Ketika anda menggeser tuas transmisi ke posisi R, maka memungkinkan kendaraan akan berjalan mundur. 
  3. N (neutral)
    Sama menyerupai posisi P, dikala tuas transmisi berada di posisi N mesin kendaraan beroda empat tetap hidup namun kendaraan tidak berjalan. Posisi N dipilih dikala sedang berhenti sejenak menyerupai dikala lampu merah.
  4. D (drive)
    Ketika anda akan menjalankan kendaraan beroda empat maka pilihlah pada posisi D. Tidak menyerupai pada transmisi manual, pada kendaraan beroda empat matic ini perpindahan percepatan berlangsung secara otomatis. Kaprikornus anda tinggal menekan pedal gas, maka perpindahan percepatan percepatan akan terjadi secara otomatis seiring kecepatan mobil. Saat anda ingin mendahului kendaraan lain, lakukanlah akselerasi maka dikala itu TPS (sensor bukaan throttle) akan mengirim sinyal ke ECU biar posisi gear lebih rendah.
  5. D-3 / OD
    Banyak yang masih galau cara mengemudi kendaraan beroda empat matic pada posisi D-3 ini. Padahal fungsinya cukup sederhana yakni membatasi percepatan kendaraan beroda empat pada gear 3rd. Pada moda D-3 ini akan sangat membantu ketika akan berakselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam. 
  6. D-2 (intermediate)
    Funsinya hampir sama dengan D-3 yakni membatasi percepatan transmisi pada gear 2st. Dengan menentukan posisi 2st ini juga akan membantu pada dikala melaju di turunan alasannya yakni terjadi engine breaking.
  7. L (low)
    Posisi L ini sangat membantu ketika anda sedang melintasi jalanan yang menanjak. Fungsinya yakni membatasi percepatan transmisi pada gear 1st saja.
Memahami cara mengemudi kendaraan beroda empat matic dengan memahami fungsi setiap posisi transmisi diatas akan sangat membantu anda dalam mengemudikan kendaraan beroda empat matic. Dengan demikian perjalanan anda dengan kendaraan beroda empat matic akan lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar